Tutorial Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Memiliki Akses ke Profil Online Kita


Keamanan dalam berinternet adalah topik besar yang menjadi perhatian banyak orang belakangan ini dan terkadang saya merasa agak terlambat menyadarinya. Hari ini saya akan menunjukkan bagaimana kita bisa mengetahui aplikasi apa saja yang memiliki akses ke profil online kita, seperti Facebook, Twitter dll dan bagaimana cara mencabut aksesnya jika diperlukan.

Untuk mengetahuinya kita membutuhkan aplikasi, aplikasi yang saya anggap bagus adalah Privacy Online Shield, aplikasi ini mampu melakukan pencarian dan mengetahui aplikasi apa yang memiliki akses ke profil online kita baik di smartphone atau tablet. Profil online yang akan diperiksa adalah Facebook, Twitter, Google, Yahoo, LinkedIn, Dropbox, Instagram dan Flickr, tapi kita juga bisa memasukkan profile tambahan lain untuk diperiksa.

Privacy Online Shield akan memindai untuk mengetahui aplikasi apa yang memiliki akses ke data pribadi, menyaringnya berdasarkan jenis izin, menghapus hak akses aplikasi dan memberitahu kita jika sebuah aplikasi tiba-tiba mengakses informasi pribadi dan menyarankan kepada kita untuk mencabut hak aplikasi tersebut.

Saya menemukan ada 32 aplikasi yang memiliki akses ke akun Facebook saya! Dan bukan itu saja, ternyata beberapa aplikasi lama yang sudah saya hapus juga masih memiliki askes. Ada toggle dimana kita dapat mencabut akses untuk masing-masing aplikasi tersebut. Selain itu kita juga dapat memberi kepercayaan pada aplikasi tertentu atau melaporkannya. Pelaporan aplikasi akan meminta kamu untuk memberikan penjelasan sebelum dikirim.

Kita juga dapat memblokir data yang sedang diakses oleh aplikasi teman-teman, baik pada saat yang sama atau satu per satu. Kamu dapat memblokir data seperti biografi, ulang tahun, keluarga dan hubungan dll.

Demikian sekilas pembahasan saya tentang cara mengetahui aplikasi apa saja yang memiliki akses ke profil online kita, semoga bermanfaat.

sumber : http://hariantekno.blogspot.co.id

0 Response to "Tutorial Cara Mengetahui Aplikasi Apa Saja yang Memiliki Akses ke Profil Online Kita"

Posting Komentar